Selasa, 05 Februari 2013

Apa Itu Islam Kaffah

Konsep Dan Pengertian Islam Kaffah

Masuk kedalam islam secara kaffah yang sering kita dengar dari para ustadz-ustadzah kita, sebagaimana firman Allah :
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا ادْخُلُوا فِي السِّلْمِ كَافَّةً وَلَا تَتَّبِعُوا خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُبِينٌ * سورة البقرة 208
Artinya : Wahai orang-orang yang beriman, masuklah kamu semuanya kedalam Islam secara kaffah, dan janganlah kamu turut langkah-langkah syaithan. Sesungguhnya dia itu musuh yang nyata bagimu.
Ayat diatas merupakan seruan, perintah dan juga peringatan Allah yang ditujukan khusus kepada orang-orang yang beriman, yaitu orang-orang yang mengakui Allah sebagai Tuhan satu-satunya dan juga mengakui Muhammad selaku nabi-Nya agar masuk kedalam agama Islam secara kaffah atau secara keseluruhan, benar-benar, sungguh-sungguh.
Hadist yang di riwayatkan imam bukhari ini menjelaskan tentang apa itu islam apa itu iman apa itu ihsan, yang menjadi landasan islam kaffah.
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَارِزًا يَوْمًا لِلنَّاسِ، فَأَتَاهُ جِبْرِيلُ فَقَالَ: مَا الإِيمَانُ؟ قَالَ: «الإِيمَانُ أَنْ تُؤْمِنَ بِاللَّهِ وَمَلاَئِكَتِهِ، وَكُتُبِهِ، وَبِلِقَائِهِ، وَرُسُلِهِ وَتُؤْمِنَ بِالْبَعْثِ» . قَالَ: مَا الإِسْلاَمُ؟ قَالَ: " الإِسْلاَمُ: أَنْ تَعْبُدَ اللَّهَ، وَلاَ تُشْرِكَ بِهِ شَيْئًا، وَتُقِيمَ الصَّلاَةَ، وَتُؤَدِّيَ الزَّكَاةَ المَفْرُوضَةَ، وَتَصُومَ رَمَضَانَ ". قَالَ: مَا الإِحْسَانُ؟ قَالَ: «أَنْ تَعْبُدَ اللَّهَ كَأَنَّكَ تَرَاهُ، فَإِنْ لَمْ تَكُنْ تَرَاهُ فَإِنَّهُ يَرَاكَ» ، قَالَ: مَتَى السَّاعَةُ؟ قَالَ: " مَا المَسْئُولُ عَنْهَا بِأَعْلَمَ مِنَ السَّائِلِ، وَسَأُخْبِرُكَ عَنْ أَشْرَاطِهَا: إِذَا وَلَدَتِ الأَمَةُ رَبَّهَا، وَإِذَا تَطَاوَلَ رُعَاةُ الإِبِلِ البُهْمُ فِي البُنْيَانِ، فِي خَمْسٍ لاَ يَعْلَمُهُنَّ إِلَّا اللَّهُ " ثُمَّ تَلاَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: {إِنَّ اللَّهَ عِنْدَهُ عِلْمُ السَّاعَةِ} [لقمان: 34] الآيَةَ، ثُمَّ أَدْبَرَ فَقَالَ: «رُدُّوهُ» فَلَمْ يَرَوْا شَيْئًا، فَقَالَ: «هَذَا جِبْرِيلُ جَاءَ يُعَلِّمُ النَّاسَ دِينَهُمْ» قَالَ أَبُو عَبْدِ اللَّهِ: جَعَلَ ذَلِكَ كُلَّهُ مِنَ الإِيمَانِ * رواه البخاري

Bagaimanakah jalan untuk mencapai Islam Kaffah itu sesungguhnya ?

Al-Qur'an memberikan jawaban kepada kita :
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا أَطِيعُوا اللَّهَ وَرَسُولَهُ وَلَا تَوَلَّوْا عَنْهُ وَأَنْتُمْ تَسْمَعُونَ * سورة الانفال 20
Artinya : Hai orang-orang yang beriman, taatlah kamu kepada Allah dan Rasul-Nya, dan janganlah kamu berpaling darinya, sedang kamu mendengar perintahNya.
Jadi Allah telah menyediakan sarana kepada kita untuk mencapai Islam yang kaffah adalah melalui ketaatan kepada-Nya dan kepada Rasul-Nya serta tidak berpaling dari garis yang sudah ditetapkan.
Taat kepada Allah dan Rasul ini memiliki aspek yang sangat luas, akan tetapi bila kita mengkaji al-Qur'an secara lebih mendalam lagi, kita akan mendapati satu intisari yang paling penting dari ketaatan terhadap Allah dan para utusan-Nya, yaitu melakukan Tauhid secara benar.
Menurut Prof. Dr. Jamaan Nur Islam Kaffah terbagi menjadi 3 , yaitu :
1.       Iman
6 rukun iman
yang ke 6 rukun islam ini adalah:
- Percaya adanya ALLAH SWT
- Percaya kepada malaikat Allah
- Percaya kepada rasul-rasul
- Percaya kepada Kitab-Kitab
- Percaya pada hari kiamat
- Percaya kepada qada dan qadir
2. Islam
 5 rukun islam
- Menyebut 2 kalimat Syahadat.
- Menunaikan Sholat 5 Waktu
- Menunaikan Puasa
- Menunaikan Zakat
- Menunaikan Ibadah Haji Bagi yang mampu.
3. Ikhsan
yang terakhir ini adalah ikhsan yang di jelaskan oleh Rasulullah, adalah apabila sholat maka seolah-olah iya menyaksikan Keberadaan Allah SWT, dan bila tidak bisa maka ia lah yang di lihat / di saksikan oleh Allah SWT.
... أَنْ تَعْبُدَ اللَّهَ كَأَنَّكَ تَرَاهُ، فَإِنْ لَمْ تَكُنْ تَرَاهُ فَإِنَّهُ يَرَاكَ .....رواه البخاري
Dapat kita pahami memang jika seseorang telah memahami dan menjiwai 3 elemen utama di atas. Maka secara tidak langsung seorang islam kaffah itu. Ihksan juga adalah sebagai suatau ilmu kerohanian yang spesifik dalam agama islam.
Judul: Apa Itu Islam Kaffah; Ditulis oleh Abdullah LC; Rating Blog: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar